Kamis, 10 Januari 2013

Pesparawi Kabupaten Simalungun 2012

Pesparawi Kabupaten Simalungun 2012

Pesparawi adalah singkatan dari Pesta Paduan Suara Gerejawi yang rutin dilakukan setiap tahunnya bagi umat beragama Kristen. Pesparawi dimulai dari tingkat Kabupaten, dan kemudian Juara pertama tiap lomba tingkat Kabupaten akan dikirim untuk mengikuti Pesparawi tingkat Provinsi. Pemenang di tingkat Provinsi akan dikirimkan mengikuti Pesparawi tingkat Nasional.

Pesparawi tingkat Kabupaten di Simalungun diadakan tanggal 30 November 2012 bertempat di Pematang Raya. Pusat acara diadakan di aula SMA Plus Partuha Maujana Simalungun. Lomba yang dipertandingkan di acara Pesparawi Simalungun adalah:
  1. Lomba paduan suara tingkat anak-anak dan dewasa
  2. Lomba vocal group tingkat remaja
  3. Lomba Cerdas Cermat Alkitab (CCA) tingkat anak-anak, remaja, dan dewasa
Acara dimulai kira-kira pukul 08.30 WIB yang dibuka dengan acara kebaktian bersama di aula dan lapangan aula SMA Plus Raya. Thema yang diangkat dalam acara Pesparawi tahun ini adalah "Biarlah yang bernafas memuji Dia (Mazmur 150 : 6)" dan sub thema "Melalui semangat Pesparawi, kita tingkatkan kasih dalam kebersamaan mewujudkan perubahan menuju masyarakat Kabupaten Simalungun yang makmur perekonomian, adil, nyaman, taqwa, aman, dan berbudaya".
Setelah kebaktian selesai, acara dilanjutkan dengan  kata-kata sambutan. Bupati Simalungun Dr. JR Saragih, SH, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan Pesparawi bukanlah kejuaraan dan piala, melainkan untuk memuji Tuhan dan ajang silaturahmi. Bupati Simalungun juga menjanjikan hadiah pembinaan sebesar Rp. 5.000.000,- bagi kontingan juara terakhir yang tujuannya untuk memotivasi supaya kecamatan tersebut lebih bersemangat dalam kegiatan Gerejawi.
Acara ini jika dihadiri kontingen dari seluruh kecamatan di Simalungun, maka keseluruhan kontingen ada 31 kecamatan yaitu: Kecamatan Bandar, Bandar Huluan, Bandar Masilam, Bosar Maligas, Dolok Batu Nanggar, Dolok Panribuan, Dolok Pardamean, Dolok Silau, Girsang Sipangan Bolon, Gunung Malela, Gunung Maligas, Haranggaol Horison, Hatonduhan, Huta Bayu Raja, Jawa Maraja Bah Jambi, Jorlang Hataran, Panei, Panombeian Panei, Pematang Bandar, Pematang Sidamanik, Pematang Silima Huta, Purba, Raya, Raya Kahean, Siantar, Sidamanik, Silimakuta, Silou Kahean, Tanah Jawa, Tapian Dolok, dan Ujung Padang.
Dari Kecamatan Girsang Sipangan Bolon yang dipimpin oleh camat Drs. Ojahan Nainggolan dikirimkan kontingen berjumlah kurang lebih 100 orang untuk mengikuti semua pertandingan. Jumat pagi seluruh peserta berkumpul di kantor camat Girsang Sipangan Bolon untuk berdoa bersama untuk berangkat secara bersama-sama menuju Pematang Raya.
Disetiap perlombaan kalah menang adalah hal biasa, yang terpenting adalah ikut berpartisipasi. Walaupun seluruh peserta kontingen Girsang Sipangan Bolon sudah berusaha semaksimal mungkin, namun hasil yang dicapai hanya bisa mengantarkan paduan suara dewasa mendapatkan juara harapan tiga. Semoga tahun-tahun mendatang dapat meningkat kembali. (Foto-foto dalam artikel ini adalah beberapa foto peserta Pesparawi Kecamatan Girsang Sipangan Bolon)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar